10 Keuntungan Investasi Emas yang Perlu Anda Ketahui

Keuntungan Investasi Emas yang Perlu Anda Ketahui

10 Keuntungan Investasi Emas yang Perlu Anda Ketahui. Banyak orang mengira bahwa keuntungan dalam berinvestasi emas hanya sebatas dari segi kenaikan harga. Padahal berinvestasi emas menjanjikan banyak keuntungan lain.

Emas pada umumnya dikenal orang sebagai perhiasan yang biasa dipakai para wanita. Walaupun terkadang, beberapa pria juga memakai perhiasan yang terbuat dari logam mulia ini. Namun, hanya sebatas kalung saja.

Sebagian besar masyarakat mengetahui bahwa dengan emas mereka bisa berinvestasi. Namun, hanya sebatas emas perhiasan. Mereka jarang berinvestasi emas dalam bentuk batangan atau koin dinar.

Berikut keuntungan jika Anda berinvestasi dengan emas.

Bebas Pajak

Jika Anda ingin menjual emas Anda, Anda tidak akan dikenakan biaya pajak. Seluruh keuntungan penjualan menjadi hak milik Anda. Namun berbeda dengan pembelian emas, baik emas perhiasan maupun emas Antam dikenakan dua pajak, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh).

Mudah Dicairkan

Salah satu keuntungan lain dari investasi emas adalah sangat mudah untuk dicairkan jika suatu saat Anda membutuhkan uang mendesak. Anda cukup mendatangi toko emas dan menjualnya. Bahkan Anda terkadang cukup menawarkannya pada orang lain. Gampang sekali, Bukan?

Transaksi Bisa Online

Beberapa platform online memiliki fitur jual beli emas. Jadi, Anda tidak perlu repot harus ke toko untuk membeli atau menjual emas. Namun yang perlu diingat, Anda harus memilih platform yang sudah dipercaya dan digunakan masyarakat banyak.

Risiko Kecil

Harga emas yang cenderung statis dalam jangka waktu pendek. Oleh sebab itu, resiko berinvestasi dengan emas cukup minim. Emas tidak akan mengalami penurunan harga yang cukup rendah ataupun kenaikan harga yang cukup tinggi dalam waktu dekat.

Nilai Kecil

Investasi alternatif seperti emas ini merupakan investasi yang membutuhkan modal kecil. Anda tidak harus memiliki dana yang besar untuk mulai berinvestasi emas. Anda bisa berinvestasi dengan membeli emas seberat 0.5 gram misalnya.

Minim Perawatan dan Mudah Disimpan

Emas tidak perlu memerlukan perawatan khusus. Anda cukup menyimpannya di tempat yang aman. Bisa di rumah ataupun di bank.

Tidak Mengalami Inflasi

Berbeda dengan uang, emas lebih tahan inflasi daripada uang. Jika Anda membeli kambing saat ini seharga beberapa gram emas, maka sepuluh tahun yang akan datang, Anda tetap akan dapat membeli seekor kambing dengan berat emas yang sama dengan sepuluh tahun yang lalu.

Harga Meningkat

Nilai jual emas jika diuangkan akan mengalami peningkatan. Emas terbukti bisa menyelamatkan pemiliknya dari krisis ekonomi. Bahkan ketika krisis terjadi di suatu negara, emas mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi. Investasi emas sangat baik untuk kesejahteraan hidup jangka panjang.

Menyelamatkan Saham

Anda sebaiknya mendiversifikasikan portofolio saham Anda ke emas sehingga saat harga saham sedang buruk, Anda tidak mengalami banyak kerugian. Nilai emas yang cenderung stabil menyelamatkan saham Anda.

Bisa Menjadi Jaminan

Pada saat berinvestasi dengan cara lain tidak bisa menjadi jaminan ketika Anda ingin memiliki kredit apa saja, emas bisa menjadi penjaminnya. Emas juga bisa menjadi penjamin kepada orang lain yang mungkin Anda pinjam uangnya tetapi Anda belum memiliki uang untuk membayarnya.

Saat ini beberapa orang sudah melakukan transaksi jual beli produk mereka dengan menggunakan koin dinar. Bahkan ada beberapa sekolah yang menerima pembayaran uang sekolah menggunakan koin dinar. Dengan kata lain berinvestasi dengan emas itu sangat menguntungkan.

Investasi yang baik adalah berinvestasi dengan cara yang minim risiko tetapi memiliki keuntungan yang besar. Salah satunya adalah dengan emas. Caranya cukup mudah dan tidak terlalu merepotkan. Jadi, berinvestasi emas bisa jadi solusi cerdas pilihan Anda.

shares