Apa yang Harus Dilakukan Bila Pengajuan KPR Ditolak Bank?

Apa yang Harus Dilakukan Bila Pengajuan KPR Ditolak Bank?

KPR adalah salah satu jalan yang bisa Anda jadikan solusi untuk wujudkan rumah imajinasimu. Sebab, dengan KPR, Anda tak perlu keluar uang langsung besar untuk mendapatkan rumah impian. Namun, jangan senang dulu. Pasalnya, tidak semua pengajuan KPR akan diterima. Nah, bila pengajuan KPR Anda ditolak bank, apa yang harus dilakukan?

  1. Ketahui Alasan Ditolak

Salah satu hal yang harus Anda lakukan ketika pengajuan KPR ditolak bank adalah mengetahui mengapa KPR tersebut ditolak. Hal ini berguna agar Anda tak mengulang kesalahan yang sama ketika mengajukan KPR kembali baik di bank yang sama atau beda. Evaluasilah diri atau bila perlu tanyakan pada pihak bank alasannya.

Biasanya, ada banyak alasan mengapa KPR Anda ditolak. Misalnya saja karena penghasilan Anda yang tak sesuai dengan ketentuan pengajuan kredit, tidak lolos BI checking, usia terlalu muda atau terlalu tua, masa kerja yang kurang dari ketentuan, informasi pribadi palsu atau telepon yang susah dihubungi.

Dengan mengetahui alasan apa yang membuat bank menolak pengajuan KPR, maka Anda bisa mengevaluasi kesalahan tersebut. Anda juga tak akan membuang waktu mengulang kesalahan yang sama.

  1. Perbaiki Status Kredit

Bila alasan bank menolak pengajuan KPR Anda karena riwayat BI checking yang kurang baik, maka cobalah untuk memperbaiki status kredit Anda lebih dulu. Ada banyak hal yang membuat status kredit Anda buruk. Misalnya saja sering menunggak pembayaran kartu kredit atau memiliki tagihan lain yang masih macet.

Jika Anda mengalami hal tersebut, perbaikan catatan kredit lebih dulu sebelum mengajukan KPR kembali. Kredit yang tak kunjung dibayar bisa jadi indikasi bahwa Anda memiliki kondisi keuangan yang kurang baik. Oleh sebab itulah bank menolak pengajuan KPR yang Anda lakukan.

Anda bisa memperbaiki statusnya dengan melakukan pembayaran secara rutin. Dengan cara ini, setidaknya Anda sudah menunjukkan itikad baik untuk membayar tunggakan serta memperbaiki kondisi keuangan Anda.

  1. Cari Bank yang Tidak Mempermasalahkan Status Pekerjaan

Bagaimana bila pengajuan KPR untuk ciptakan desain rumah yg bikin relax yang Anda inginkan ditolak karena status pekerjaan Anda? Bila hal ini adalah penyebabnya, maka cobalah cari bank yang tidak mempermasalahkan status pekerjaan. Ada bank yang tidak berikan KPR kepada freelance atau mereka yang tidak memiliki angka tetap penghasilan.

Namun, tentu juga ada bank yang tak mempermasalahkan itu meski kebanyakan bank memang lebih suka yang memiliki penghasilan tetap. Jika pun tetap tidak bisa, maka Anda bisa mengumpulkan slip pembayaran atau bukti Anda memiliki penghasilan bulanan yang layak untuk melakukan kredit rumah.

Dengan begitu, setidaknya pihak bank akan mempertimbangkan mengabulkan permohonan kredit Anda. Bagaimana kalau masih tidak bisa? Jika masih tidak bisa, Anda bisa coba ambil KPR syariah. KPR syariah biasanya tidak terlalu mempermasalahkan status pekerjaan.

  1. Mengkoordinasikan dengan Pihak Bank

Mengkoordinasikan dengan pihak bank bisa diartikan Anda menghubungi pihak bank dan memberitahukan bahwa Anda sedang mengajukan kredit. Memang terlihat sepele, namun tak ada salahnya melakukan ini. Sebab, ini bisa jadi Anda memberikan itikad baik pada bank sehingga mereka bisa memberikan kepercayaan.

  1. Tunggu Waktu yang Tepat

Bila Anda masih terlalu muda ketika mengajukan KPR yang ditolak, tunggulah waktu yang tepat. Setidaknya, sampai batas usia minimal terlewati. Namun ingat, ada baiknya Anda menunggu minimal 3 bulan setelah pengajuan KPR pertama ditolak lebih dulu. Sebab, dalam jangka waktu ini bank biasanya akan membersihkan database mereka.

Kalau sudah begitu, catatan bahwa Anda pernah ditolak akan di-restart dan mereka akan memulai catatan kembali dari awal. Kalau usia Anda sudah mencukupi dan syarat lainnya juga sudah terpenuhi, besar kemungkinan pengajuan KPR Anda yang selanjutnya akan diterima pihak bank.

  1. Pilih Rumah yang Ideal

Bukan hanya karena diri Anda saja pengajuan KPR bisa ditolak. KPR juga bisa ditolak karena kondisi rumah yang akan di-KPR-kan. Misalnya saja, rumah tersebut berada di daerah yang tak layak seperti di dekat sungai, dekat pembuangan sampah, di daerah rawan bencana alam dan masih banyak lagi.

Kondisi rumah yang berada di daerah seperti ini memang tidak bagus dan tidak disukai bank. Bank biasanya memang akan menolak pengajuan rumah seperti ini. Apalagi bila akses jalan menujunya tidak baik. Oleh sebab itu, cobalah untuk cari rumah yang lebih ideal. Misalnya rumah yang berada di jalan besar dan berada di lokasi yang mudah dijangkau.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan bilamana pengajuan KPR Anda ditolak bank. Pengajuan kredit rumah mudah dengan KPR sebenarnya tak sulit. Asalkan Anda memenuhi syarat yang sudah ditetapkan, besar kemungkinan akan diterima. Namun, bila cara di atas masih ditolak, ada baiknya Anda kembali evaluasi diri atau kondisi keuangan Anda.

shares