Beberapa Ciri Cedera ACL yang Harus Diketahui

Beberapa Ciri Cedera ACL yang Harus Diketahui

Kehidupan para atlet memang dibayangi dengan cedera. Mereka yang melakukan aktivitas fisik secara berat, seperti atlet sepak bola, atlet basket, atlet ski dan lainnya memiliki risiko cedera yang lebih tinggi dibandingkan orang biasa saat melakukan kegiatan olahraga tersebut. Nah, salah satu cedera yang paling mengancam kehidupan para atlet adalah cedera ACL.

Bisa dikatakan jika jenis cedera ini adalah salah satu cedera yang paling sering terjadi dalam kehidupan dna aktivitas atlet. Dalam catatan ditemukan bahwa kerusakan ACL tercatat terjadi dalam jumlah hingga 200.000 kasus di seluruh dunia. Dari jumlah ini, 100.000 kasus memerlukan penanganan berupa rekonstruksi ACL untuk mengembalikan fungsi ACL.

ACL sendiri merupakan salah satu ligamen yang ada pada lutut. Fungsi utama dari ACL ini adalah merekatkan tulang kering dan tulang paha sehingga tenaga bisa mengalir dengan baik dan seseorang bisa menggerakkan kakinya dengan sempurna sesuai keinginannya.

Beberapa Ciri Dari Cedera ACL

Fungsinya yang cukup penting sebagai penstabil lutut membuat ACL harus diperhatikan. Sayangnya, gerakan-gerakan lutut atau sebab lain seperti jatuh, terperosok dan lainnya bisa membuatnya sobek hingga terjadilah kasus cedera ACL tersebut.

Nah, Anda perlu tahu mengenai beberapa ciri dari cedera yang satu ini. Pengetahuan yang memadai mengenai ciri cedera ini adalah hal yang cukup penting untuk melakukan identifikasi pada masalah yang terjadi.

Adapun beberapa ciri yang sering muncul saat terjadinya kerusakan ACL saat beraktivitas adalah sebagai berikut:

  • Muncul suara dari bagian dalam lutut

Salah satu ciri yang paling kentara dari kerusakan ACL yang terjadi adalah munculnya suara dari dalam lutut. Suara ini bisa dikatakan cukup keras yang muncul karena disebabkan oleh robeknya ligamen ACL tersebut.

  • Muncul rasa sakit yang mendera

Ciri lain dari kerusakan ACL adalah timbulnya rasa sakit pada saat kerusakan terjadi. Seseorang yang mengalami cedera ini akan langsung merasakan kesakitan yang luar biasa dan amat parah. Biasanya, mereka yang cedera tidak akan bisa melanjutkan kegiatan atau aktivitas yang mereka sedang lakukan.

  • Muncul rasa nyeri

Rasa nyeri adalah ciri cedera ACL lainnya yang seringkali muncul. Namun, nyeri pada saat ACL rusak ini berbeda dengan nyeri biasanya karena nyeri yang terjadi terasa sangat menyakitkan dan mengganggu. Selain itu, nyeri tidak akan hilang begitu saja tanpa adanya penanganan yang lebih lanjut dari medis.

  • Lutut akan membengkak

Jika kerusakan ACL terjadi, maka akan terjadi pembengkakan pada lutut. Pembengkakan tersebut adalah respons dari lutut yang kehilangan perekat. Lutut yang bengkak kemudian tidak akan bisa digerakkan sebelum mendapatkan penanganan yang tepat. Perlu diketahui, pembengkakan ini tidak terjadi langsung setelah terjadinya cedera, melainkan beberapa waktu setelah cedera terjadi.

  • Kehilangan kemampuan menggerakkan

ACL adalah ligamen yang memiliki fungsi menstabilkan lutut dan juga merekatkan tulang kering dengan tulang paha. Kerusakan yang terjadi pada ACL akan membuat seseorang kehilangan kemampuan mereka untuk menggerakkan lutut dan kaki. Kondisi ini membawa penderita pada posisi yang sulit karena lutut yang terluka tidak bisa digerakkan. Sebagai rekomendasi yuk simak video ini.

Beberapa ciri di atas perlu diketahui untuk tambahan pengetahuan terkait cedera ACL. Bisa dikatakan bahwa cedera ini adalah salah satu jenis cedera yang cukup parah dan perlu mendapatkan penanganan khusus. Oleh karena itu, bagi penderita cedera ACL, penanganan sesegera mungkin sangat diperlukan untuk meminimalkan kerusakan lutut yang semakin parah.

shares