Tips Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa

Tips Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa

Unit kegiatan mahasiswa merupakan wadah kegiatan kemahasiswaan luar kelas yang tujuannya untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian yang dimiliki. Jadi sebagai mahasiswa jangan study minded. Bersosialisasi dan berkolaborasi bersama dengan teman-teman yang lain juga sangat perlu dilakukan. Ini akan bermanfaat ketika nanti sudah lulus dan memasuki dunia kerja.

Mengikuti kegiatan positif dalam wadah yang tepat selama menjadi mahasiswa akan mempertajam keahlian. Bisa jadi minat, bakat dan keahlian seseorang tidak berhubungan dengan jurusan yang diambilnya selama kuliah. Misalnya, mahasiswa pertanian ternyata memiliki minat dan bakat dalam seni drama, mahasiswa jurusan sastra mempunyai minat dan keahlian panjat tebing dan sebagainya.

Inilah yang menjadi tujuan dibentuknya wadah kegiatan mahasiswa, agar apapun jurusan yang diambil tidak membatasati ruang gerak untuk tetap berekspresi dan mengembangkan bakatnya. Selain itu memberikan atmosfer positif dalam kehidupan dan pergaulan mahasiswa agar terhindar dari pengaruh lingkungan yang negatif dan merugikan. Serta melatih kemampuan adaptasi, sosialisasi dan kolaborasi antar mahasiswa.

Kelompok Unit Kegiatan Mahasiswa

Ada banyak kegiatan yang bisa diikuti sesuai bakat, minat dan keahlian yang dimiliki. Dalam Perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta umumnya dibagi menjadi 3 kategori; unit kegiatan bidang olah raga, kesenian dan kegiatan khusus. Mahasiswa diperbolehkan memilih lebih dari 1 kegiatan luar kelas tersebut. Semuanya adalah pilihan tidak ada yang diwajibkan.

Kategori olah raga misalnya; renang, sepak bola, futsal, basket, tenis meja, bola voli. Kategori kesenian biasanya ada paduan suara, musik, seni tari, drama dan lainnya. Kegiatan khusus seperti pramuka, pers, resimen mahasiswa, keagamaan, pecinta alam dan koperasi mahasiswa. Kegiatan ini seperti ekstrakurikuler di sekolah tetapi jangkauannya lebih luas.

Tips Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa Agar Tidak mengganggu Proses Belajar

Sebagai mahasiswa belajar adalah wajib supaya bisa menyelesaikan perkuliahan sesuai waktunya dengan nilai yang memuaskan. Tetapi mengikuti kegiatan kemahasiswaan juga perlu untuk menambah pengalaman dalam keorganisasian. Bagaimana tips supaya kegiatan yang diikuti tidak mengganggu proses belajar selama kuliah? Berikut ini adalah tipsnya!

  1. Pilih kegiatan yang benar-benar menjadi minat, bukan sekedar hobi. Seringnya sebagai anak muda, tidak bisa membedakan mana hobi dan minat. Hobi lebih mengarah kepada kesenangan semata, dan sifatnya sementara meskipun bisa saja mendatangkan keuntungan. Tetapi akan merugikan ketika pada akhirnya hobi menyita banyak waktu belajar.
  2. Prioritaskan kuliah. Pilihlah kegiatan yang tidak mengganggu jadwal perkuliahan. Kegiatan kemahasiswaan tentu anggotanya adalah dari seluruh fakultas. Tidak mungkin menyesuaikan dengan jadwal kuliah masing-masing anggota. Kita sendirilah yang harus pintar-pintar mengatur waktu. Bisa ditanyakan kepada senior atau pengurus mengenai jadwal kegiatan yang biasa diadakan. Jika bertabrakan dengan jam kuliah, pilihlah kuliah sebagai prioritas.
  3. Ikuti kegiatan sesuai bakat dan keahlian bukan karena ajakan teman. Teman-teman terdekat akan membawa pengaruh kepada kita entah positif atau negatif. Menjadi mahasiswa harusnya sudah berani mengambil sikap kritis. Berani katakana tidak jika memang tidak sesuai dengan diri kita. Keahlian yang kita punya belum tentu dipunyai orang lain begitu juga sebaliknya.

Belajar dan berorganisasi haruslah seimbang sesuai dengan porsinya masing-masing. Tidak dipungkiri pengalaman berorganisasi akan sangat besar pengaruhnya pada proses penerimaan kerja. Dan belajar adalah kewajiban dan menjadi tanggungjawab kita kepada orang tua dan diri sendiri jadi harus bijak memilih unit kegiatan mahasiswa agar bermanfaat bagi kehidupan kita.

shares